MACAM-MACAM
BENTUK STRUKTUR ORGANISASI
Organisasi adalah sekumpulan dari beberapa orang yang melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan bersama
Adapun terdapat beberapa
macam bentuk struktur organisasi yaitu :
- 1. Struktur organisasi lini
- 2. Struktur organisasi lini dan staff
- 3. Struktur organisasi fungsional
- 4. Struktur organisasi lini dan fungsional
1. Organisasi Lini
Organisasi
Garis / Lini adalah suatu bentuk
organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya
dari kepemimpinan terhadap bawahannya
Bentuk
lini juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk
yang dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri
pertama. Organisasi Lini ini diciptakan oleh Henry Fayol.
- 1. Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang
- 2. Selain top manajer , manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
- 3. Jumlah karyawan sedikit
- 4. Sarana dan alatnya terbatas
- 5. Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
- 6. Organisasi kecil
- 1. Atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando.
- 2. Rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
- 3. Proses decesion making berjalan cepat
- 4. Disiplin dan loyalitas tinggi
- 5. Rasa saling pengertian antar anggota tinggi
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Ada tendensi gaya kepernimpinan otokratis
- 2 Pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
- 3 Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
- 4 Karyawan tergantung pada satu orang dalam organisasi
Gambar struktur
organisasi Lini :
2.
Organisasi Lini dan Staf
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi
fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal
dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu
kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat
bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu
memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan
kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau
kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini Hubungan antara atasan dengan
bawahan tidak secara langsung
Ciri :
Ciri :
- 1 Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
- 2 Karyawan banyak
- 3 Organisasi besar
- Ada dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi:
- 1. Personel lini
- 2. Personel staf
·
Kebaikan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Ada pembagian tugas yang jelas
- 2 Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
- 3 Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin
- 4 Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the right man on the right place
- 5 Bentuk organisasi ini fleksibel untuk diterapkan
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Tugas pokok orang-orang sering dinomorduakan
- 2 Proses decesion makin berliku-liku
- 3 Jika pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan nepotism spoilsystem patronage
- 4 Persaingan tidak sehat antara pejabat yang satu dengan pejabat lainnya
Gambar struktur
organisasi Lini dan Staf
3.
Organisasi Fungsional
Organisasi
fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor yaitu
suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para
pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan
tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai
bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada
setiap bawahan, sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut
Ciri :
- 1 Organisasi kecil
- 2 Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staf ahli
- 3 Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
- 4 Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
- 5 Pengawasan dilakukan secara ketat
·
Kebaikan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Program tearah, jelas dan cepat
- 2 Anggaran, personalia, dan sarana tepat dan sesuai
- 3 Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat
- 4 Adanya pembagian tugas antara kerja pikiran dan fisik
- 5 Dapat dicapai tingkat spesialisasi yang baik
- 6 Solidaritas antar anggota yang tinggi
- 7 Moral serta disiplin keija yang tinggi
- 8 Koordinasi antara anggota berjalan dengan baik
- 9 Mempromosikan ketrampilan yang terspesialisasi
- 10 Mengurangi duplikasi penggunaan sumber daya yang terbatas
- 11 Memberikan kesempatan karir bagi para tenaga ahli spesialis
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
- 2 Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan
- 3 Insiatif perseorangan sangat dibatasi
- 4 Sulit untuk melakukan pertukaran tugas, karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang tertentu
- 5 Menekankan pada rutinitas tugas - kurang memperhatikan aspek strategis jangka panjang
- 6 Menumbuhkan perspektif fungsional yang sempit
- 7 Mengurangi komunikasi dan koordinasi antar fungsi
- 8 Menumbuhkan ketergantungan antar-fungsi dan kadang membuat koordinasi dan kesesuaian jadwal kerja menjadi sulit dilakukan
Dan tipe fungsional ini relevan untuk situasi seperti
berikut :
- 1. Lingkungan stabil
- 2. Tugas bersifat rutin dan tidak banyak perubahan terjadi
- 3. Mengutamakan efisiensi dan kapabilitas fungsional
Gambar struktur
organisasi Fungsional
4.
Organisasi Lini dan Fungsional
Organisasi
Lini dan Fungsional adalah organisasi yang
masing-masing anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif.
Organisasi Komite lebih mengutamakan pimpinan, artinya dalam organisasi ini
terdapat pimpinan “kolektif/ presidium/plural executive” dan komite ini
bersifat managerial. Komite dapat juga bersifat formal atau
informal,komite-komite itu dapat dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur
organisasi formal, dengan tugas-tugas dan wewenang yang dibagi-bagi secara
khusus.
Ciri :
- 1 Tidak tampak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
- 2 Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
- 3 Pembagian kerja dan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
- 4 Strukutur organisasi tidak begitu kompleks. Biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, ketua-ketua seksi, dan para perugas
- 5 Struktur organisasi secara relatif tidak permanea. Organisasi ini hanya dipakai sesuai kebutuhan atau kegiatan
- 6 Tugas pimpinan dilasanakan secara kolektif
- 7 Semua anggota pimpinan mempunyai hak, wewenang dan tanggung jawab yang sama
- 8 Para pelaksana dikelompokkan menurut tugas-tugas tertentu dalam bentuk satgas
·
Kebaikan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Solodaritas tinggi
- 2 Disiplin tinggi
- 3 Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
- 4 Pekerjaan-pekerjaan yang tidak rutin atau teknis tidak dikerjakan
- 5 Keputusan dapat diambil dengan baik dan tepat
- 6 Kecil kemungkinan penggunaan kekuasaan secara berlebihan dari pimpinan
- 7 Usaha kerjasama bawahan mudah digalang
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah:
- 1 Kurang fleksibel dan tour of duty
- 2 Spesialisasi memberikan kejenuhan
- 3 Proses pengambilan keputusan agak larnban karena harus dibicarakan terlebih dahulu dengan anggota organisasi
- 4 Kalau terjadi kemacetan kerja, tidak seorang pun yang mau bertanggung jawab melebihi yang lain
- 5 Para pelaksana sering bingung, karena perintah datangnya tidak dari satu orang saja
- 6 Kreativitas nampaknya sukar dikembangkan, karena perintah pelaksanaan didasarkan pada kolektivitas
Organisasi panitia
biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan beberapa seksi
Gambar struktur
organisasi Lini dan Fungsional
5. Organisasi Matrik
Organisasi
matrik disebut juga sebagai organisasi manajemen proyek yaitu organisasi di
mana penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang
mempunyai ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan
lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan
Organisasi matrik
digunakan berdasarkan struktur organisasi staf dan lini khususnya di bidang
penelitian dan pengembangan
Organisasi
matrik akan menghasilkan wewenang ganda di mana wewenang horisontal diterima
manajer proyek sedangkan wewenang fungsionalnya yaitu sesuai dcngan keahliannya
dan tetap akan melekat sampai proyek selesai, karena memang terlihat dalam
struktur formalnya. Sebagai akibat anggota organisasi matrik mempunyai dua
wewenang, hal ini berarti bahwa dalam melaksanakan kegiatannya para anggotanya
juga harus melaporkan kepada dua atasan
Untuk
mengatasi masalah yang mungkin timbul, biasanya manajer proyck diberi jaminan
untuk melaksanakan wewenangnya dalam memberikan perintah di mana manajer proyek
tersebut akan langsung lapor kepada manajer puncak
·
Kelebihan dari struktur
organisasi ini adalah :
Pada fleksibelitas dan kemampuannya dalam memperhatikan
masalah-masalah yang khusus maupun persoalan teknis yang unik serta pelaksanaan
kegiatan organisasi matrik tidak mengganggu struktur organisasi yang ada
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah :
Manajer
proyek tak bisa mengkoordinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi
kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan
pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu. Untuk mengatasi kesulitan
yang mungkin timbul, maka manajer proyek biasanya diberi wewenang khusus yang
penting, misalnya: dalam menentukan gaji, mempromosikan atau melakukan
perlakuan personalia
Gambar struktur
organisasi Matrix
6.
Organisasi
Komite
Organisasi komite adalah bentuk
organisasi di mana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu
dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen
Organisasi komite terdiri dari :
1
Executive Committe (Pimpinan komite)
Yaitu para anggotanya mempunayi wewenang lini
2
Staff Committee
Yaitu
orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf
·
Kelebihan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan
- 2 Kepemimpinan yang bersifat otokratis sangat kecil
- 3 Dengan adanya tour of duty maka pengembangan karier terjamin
·
Kelemahan dari struktur
organisasi ini adalah :
- 1 Proses decesion making sangat lamban
- 2 Biaya operasional rutin sangat tinggi
- 3 Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab
·
Rentang
Kendali (Span Of Control) dengan batasan-batasan
Span of control atau Rentang manajemen
atau rentang kendali adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara
efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya.
Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu banyak
kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang
baik.
Istilah-istilah lain rentang manajemen:
1. Span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision
http://zhopio-chalicee.blogspot.com/2013/01/macam-macam-bentuk-struktur-organisasi_7366.html
izin ngopi :)
BalasHapussukron katsiron
BalasHapusTerimakasih sangat membantu :)
BalasHapusmakasi om ini membantu :v
BalasHapusbagus cara penyampaiannya
BalasHapusIzin nocopy
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusI am very interested in the information contained in this post. The information contained in this post inspired me to generate research ideas.
BalasHapusJurnal Rektek
Unimuda Sorong